30.7 C
Singkawang
More
    BerandaBeritaBanjir Sosok Lumpuhkan Akses 5 Kabupaten, Air Cendrung Naik Akibat Hujan Masih...

    Banjir Sosok Lumpuhkan Akses 5 Kabupaten, Air Cendrung Naik Akibat Hujan Masih Turun

    Sanggau, detikborneo.com – Kondisi banjir yang melanda wilayah Sosok Kabupaten Sanggau masih belum surut, bahkan ketinggian air cendrung naik.

    Hal ini dikatakan Daniel Sinyor ketua Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Barat dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikborneo.com.

    Sejumlah rumah terendam air, ruas jalan tak bisa dilewati, bahkan banjir melumpuhkan 5 Kabupaten dengan ketinggian dari 1meter hingga 4 meter.

    Update Banjir Sosok 17/10/24 jam 03.00 Wib
    Banjir luapan sungai Sekayu dan sungai Tayan yang melintasi Desa Sosok mengakibatkan banjir.

    Banjir akibat dampak dari tingginya curah hujan terjadi mulai dari jam 04.00 wib 16 Oktober 2024. Hingga saat ini ketinggian air cenderung makin naik.

    Beberapa dusun di wilayah desa Sosok terendam banjir dengan ketinggian berkisar ±1 meter sampai ±4 meter.

    Disamping merendam perumahan penduduk banjir juga merendam jalan poros sepanjang ± 1,5 km dengan ketinggian tertinggi ± 100 cm.

    1000800703

    BACA JUGA : Intensitas Hujan Lebat Akibatkan Banjir Landa Wilayah Sosok

    Kondisi banjir tersebut menghambat akses transportasi Sanggau menuju Pontianak atau pontianak menuju Sanggau/PPLB Entikong – Kuching, Sekadau-Sintang-Melawi-Kapuas Hulu atau memutuskan akses transportasi ke 5 Kabupaten.

    Berikut beberapa Dusun yang terdampak banjir

    1. Sosok 1
    2. Sosok 2
    3. Sekayu Tabat
    4. Barage
    5. Tahan
    6. Moling
    7. Dangku
    8. Perayaan Dangku

    Warga terdampak banjir yang rumahnya terendam dari 8 Dusun data sementara yang masuk ke Posko Banjir Desa Sosok sebanyak 931 KK/3403 jiwa. Jumlah warga terdampak diperkirakan masih akan bertambah karena saat ini wilayah Sosok sedang diguyur hujan lebat.

    Saat ini tim gabungan masih melakukan pemantauan, evakuasi dan monitoring di lapangan dan anggota TRC BPBD masih standby di lokasi.

    Terdapat lokasi pengungsian sementara 2 tempat

    1. Kantor Desa Sosok sementara pengungsi berjumlah ± 20 orang terdiri dari Lansia dan ibu ibu yang mempunyai anak kecil.
    2. Di dusun Barage lokasi pengungsian menggunakan tenda ukuran 4 x 4 sebanyak 2 buah yang (jumlah pengungsi menunggu laporan Kawil setempat (jaringan komunikasi terputus). (Rd)

    Latest articles

    Explore more

    Arsip berita